Tips and Trick Travelling Uncategorized

Tips Solo Backpacker

By
on
11 March 2018

Pada kali ini saya akan mencoba memberikan tips untuk para wanita yang ingin solo backpacker. Seperti apa yaa rasanya solo backpacker ? Sebelum melangkah untuk solo backpacker sebaiknya disimak terlebih dahulu yuk tips dari pengalaman saya. Selamat membaca……

IMG_0931.JPG

Solo Backpacker

1.Membuat tujuan solo backpcaker dan tempat yang akan dikunjungi

Sebaiknya sebelum kalian melangkah kesebuah tempat, ada baiknya kalian membuat list tujuan dari solo backpacker. Apa saja yang akan kalian latih selama perjalanan kalian. Kemudian silahkan membuat tempat yang akan dituju. Jangan sampai kalian sudah tiba di daerah yang akan dikunjungi namun kamu belum tau tempat tujuan dari sebuah solo backpacker. Usahakan tempat yang kalian kunjungi sekiranya tepat dengan  tujuan utama kalian.

2.Memastikan keamanan daerah yang akan dikunjungi

Sebelum kalian pergi ke suatu tempat tujuan yang akan dikunjungi, kalian harus mencari informasi mengenai keamanan daerahnya. Carilah informasi kejahatan yang sering terjadi di sana. Bisa bertanya kepada teman atau suadara yang pernah mengunjungi tempat tersebut karena wanita rentan sekali menjadi target kejahatan di tempat umum. Jika menemukan daerah yang rawan kejahatan maka sebaiknya menghindar atau mencari jalan alternatif lainnya. List segala berita kejahatan yang terjadi di tempat tersebut dan sebelum berangkat carilah solusi atau cara meminimalisir hal tersebut akan terjadi pada diri sendiri.

3. Memperkaya informasi mengenai budaya dan Bahasa

Ini hal yang tidak kalah penting yaitu tentang kebudayaan masyarakat sekitar. Gali informasi yang sedalam dalamnya mengenai aturan daerah maupun aturan dari negara yang akan dikunjungi. Jika berpergian keluar negeri maka harus menguasai bahasa negara tersebut minimal sekali kata “Tolong, permisi, terimakasih, selamat pagi, selamat siang, selamat malam”.

Usahakan sebelum berkunjung kesuatu daerah kamu sudah memiliki denah atau peta tentang daerah yang akan dikunjungi. Agar bisa mengetahui nama-nama kota dan letak suatu daerah dan dapat mengetahui iklimnya. Disinilah kamu harus menyesuaikan baju yang akan kamu kenakan selama didaerah tersebut. Jangan sampai kamu salah kostum

4. Membawa uang cash

Setelah kalian membuat destinasi tujuan yang akan dikunjungi maka rancanglah anggaran dana. Keluarkan dana yang kemungkinan akan terjadi. Uang cash adalah harga mati ketika solo backpacker karena kita tidak pernah tau daerah yang akan dikunjungi tersebut ada atm atau tidak. Maka disarankan membawa uang cash secukupnya sesuai dengan anggran dana yang sudah kamu rancang. Tidak terlalu berlebihan membawa uang cash karena backpacker, kalian harus pandai mengelola uang yang tidak terlalu banyak tersebut. Pada saat kalian kehabisan uang maka di sini lah, kreatifitas kalian akan di uji. Bagaimana caranya mendapatkan uang dengan cara yang halal. Biasanya para backpcaker tidak segan untuk menumpang rumah warga bahkan ada yang bersedia membantu pekerjaan warga agar mendapat imbalan dalam bentuk uang maupun makanan.

5. Menanamkan sugesti positif

Biasanya wanita sangat khawatir jika berpergian sendiri kesebuah tempat. Rasa khawatir seperti ini akan menjadi sebuah hambatan tersendiri ketika sudah mulai melakukan perjalanan solo backpacker. Disinilah peran kalian untuk memberikan sugesti positif kepada otak karena ketika memberikan  stimulus hal yang positif agar selalu tertanam diotak semuanya akan baik baik saja tidak selalu memikirkan hal-hal negatif yang akan terjadi.

Jarang sekali wanita yang ingin berpergian secara sendiri kesebuah tempat. Banyak sekali tantangan yang akan dihadapi maka diawal satukan tekat dan keberanian. Jika diawal masih belum tuntas pengkondisian psikis dalam diri sendiri maka ketika sedang diperjalanan akan menyulitkan diri sendiri. Biasanya saat solo backpacker akan menghasilkan kemandirian dimana kamu tidak tergantung pada orang lain.

6. Membawa barang secukupnya

Berhubung kalian akan backpacker dimana kalian kurang mengetahui tempat tinggal yang akan disinggahi. Alangkah lebih baik lagi jika kalian tidak membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak karena akan merepotkan dirimu sendiri. Dalam solo backpacker kalian harus kerja keras sendiri tanpa bantuan atau ketergantungan dengan pertolongan orang lain. Bawalah barang yang sangat dibutuhkan dalam perjalananmu.

Itu tips yang saya berikan. Jadi jika ingin solo backpacker sudah selayaknya kamu mempersiapkan terlebih dahulu, apalagi seorang kalian para wanita yang akan berpergian jauh. Terimakasih semoga bermanfaat bagi para pembacanya.

TAGS
RELATED POSTS
0 Comments
  1. Reply

    afifsugiharto

    15 March 2018

    Saya pernah kak.. solo riding n backpacker dr Jakarta ke Lombok.. taruhan nyawa

    • Reply

      doyangayab

      13 April 2018

      Nah iyaa pertama kali aku juga solo backpacker ke lombok dan ternyata hahhahahaa cukup rawan kan ?

  2. Reply

    Yunita Tresnawati

    2 April 2018

    Tipsnya oke banget ini. Aku belum pernah solo backpacker sih, nanti lah kucoba

    • Reply

      doyangayab

      13 April 2018

      selamat mencoba kak sepertinya nanti akan ketagihan nyolo

LEAVE A COMMENT

Ajiza Desi Purnamasari
Indonesia

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad) Insya Allah saya akan membagikan info atau pengalaman saya selama berada di Bumi ini. Jika menginspirasi silahkan ditiru namun jika lebih banyak mudharatnya mohon dibukakan pintu maaf. Salam Doyangayab....