Short Story Travelling

Bukit Bintang Bandung, Primadonanya bagi penikmat sunrise dan sunset

on
22 July 2018

Ngayab dadakan di Bandung beberapa pekan lalu membuatku susah move on. Waw kenapa yah ? Ternyata ada satu destinasi yang cukup menarik dan sulit dilupakan. Destinasi wajib kalian kunjungi jika sedang di kota Bandung, apalagi kalian penikmat sunrise.

Saat nobar perempat final piala dunia atau 8 besar piala dunia disalah satu cafe Bandung, teman saya menyusun destinasi ngayab kami. Teman saya mengajukan destinasi ke bukit bintang saat sunrise, konon tempat itu sangat indah. Awalnya saya meragukan untuk mendapatkan sunrise di bukit bintang ini karena jarak tempuh dari tempat saya menginap cukup lumayan jauh. Akhirnya saya menguatkan tekat berangkat dari penginapan mulai pukul 04.00 WIB. Hingga akhirnya saya menuju parkiran penginapan dan merasakan udara diluar sangat dingin. Saat itu saya menyewa motor berdua dengan teman saya, namun karena ini destinasi dadakan yang baru kami rencanakan semalam jadi saya tidak menyiapkan jaket. Sepanjang perjalanan saya merasakan kedinginan yang luar biasa, jika kalian berniat ke bukit bintang alangkah lebih baik kalian membawa jaket tebal.

View dari parkiran menuju pintu gerbang

Puncak bukit bintang terletak di kampung Buntis desa Cimenyan kecamatan Cimenyan dengan ketinggian 1442 Mdpl loh (tenang saja trackingnya pun tidak terlalu sulit hanya menempuh waktu sekitar 5-10 menit dari parkiran yang sudah disiapkan menuju pintu masuk). Wownya lagi adalah ternyata bukit bintang merupakan puncak tertinggi di Bandung. Dari bukit bintang ini kalian bisa melihat indahnya kota bandung mulai dari kota lembang, Dago, hingga beberapa destinasi seperti rancaupas.

Menurut keterangan dari pengelola, Puncak bukit bintang mulai resmi dibuka pada tanggal 25 Juli 2014. Jam operasional bukit bintang ketika weekday mulai buka pukul 05.00 โ€“ 08.00 WIB dan dilanjutkan kembali pada pukul 15.00-20.00 WIB. Namun jika weekend bukit ini akan buka 24 jam non stop. Pengunjung akan dikenakan biaya tiket sebesar 15.000/orang. Bukit bintang ini menyediakan lahan untuk ngecamp lho. Biaya ngecamp disini kalian hanya mengeluarkan kocek sebesar 25.000/org dalam satu hari. Jika kalian tidak membawa tenda tenang saja pengelola disini menyiapkan penyewaan tenda. Tenda ukuran 4-5 orang dengan biaya 250.00 dan tenda dome kapasitas 12 orang biaya 400.000 (Include: Sleeping bag, matras dan bongkar pasang tenda. Exclude: biaya tiket menginap). Kalian tidak perlu repot-repot membawa tenda karena pengelola sudah menyiapkan penyewaan tenda. Semakin mudah kan kalian untuk ngecamp dibukit ini ?

Peraturan ngecamp ditempat ini pun juga terbilang mudah yaitu tidak membawa narkoba maupun miras dan benda-benda tajam (selain pisau untuk masak). Dari pihak pengelola, mengizinkan jika para pengunjung membuat api unggun di malam hari. Dengan catatan harus berhati-hati agar api tidak menyambar ke pepohonan yang ada.

Terkadang beberapa traveller, mengkhawatirkan kamar mandi saat ngecamp di alam terbuka seperti tempat ini (terutama kaum wanita hehehee…). Jangan khawatir pengelola sudah menyiapkan beberapa fasilitas seperti Musholla, Toilet, Amphitheatre mini. Toiletnya pun cukup bersih karena memang terawat sekali fasilitas disini.

View Bukit Bintang

Biasanya para pengunjung akan ramai ketika sore hari menjelang sunset hingga malam hari.ย  Selain fasilitas ngecamp, tempat ini menyediakan outbound flyingfox loh bagi yang menyukai tantangan. Namun karena saya berkunjung di pagi hari, jadi belum buka untuk flying fox. Pengunjung akan dimanjakan suguhan pemandangan indah , jika kalian tracking lagi sekitar 1,5 jam dari pintu masuk. Sayang sekali saya tidak memiliki banyak waktu untuk destinasi ini karena harus menyambangi beberapa destinasi lagi.

Jika diizinkan dan masih diberikan umur panjang, saya akan mengunjungi kembali tempat ini dan akan eksplore bukit bintang sampai puas. Heheheee…

 

 

 

TAGS
RELATED POSTS
44 Comments
  1. Reply

    cha

    23 July 2018

    saya lama di Bandung tapi belom pernah kesana, sepertinya asik ya ngecamp disana.

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      Ayo kak coba

  2. Reply

    Galuh

    23 July 2018

    Beeuh dinginnya gak nahan pasti kl gak pake jaket

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      hehehee…
      jangan ditanya lagi kak dinginnya pake banget

  3. Reply

    Firdaus Soeroto

    23 July 2018

    Bandung punya keeksotisan yang unik untuk dikunjungi. Terima kasih sudah berbagi cerita ini!

  4. Reply

    elsalova

    23 July 2018

    ah sempet kesel ga jadi kesini. info yang didapat dari pemuda setempat waktu itu rada berbeli-belit. katanya jalan kesana jauh, ga bisa di lewati mobil. jadi kita harus pake ojek. kok kalo di cerita ini, aksesnya baik baik aja ya. hmmm

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      modal aplikasi waze dan quota aja kak bisa sampai sini

  5. Reply

    Antin Aprianti

    23 July 2018

    Sepertinya seru ngecamp Bukit Bintang, bisa liat gemerlap lampu malam dan bisa liat matahari terbit.

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      Seru kak ditambah lagi jika ramai-ramai ngecampnya

  6. Reply

    Tuty prihartiny

    23 July 2018

    Saya beberapa kali menikmati sunset di bukit bintang, tapi belum pernah menunggu sunrise. Ndak terbayang betapa dinginnya… Hebat kak Desi… Terbayar kan kak dengan indahnya fajar di bukit bintang….

  7. Reply

    Kartini

    23 July 2018

    wah, aku suka nih tempat-tempat yang dingin begini. dan udah sering bulak balik ke bandung tapi belum pernah ke sini huhuhu. sepertinya kapan-kapan harus mampir ngayab kesini ๐Ÿ˜‰

  8. Reply

    Maria Widjaja

    23 July 2018

    Tempat yang menarik untuk dikunjungi saat ke Bandung dan bosa dengan kafe-kafenya.

  9. Reply

    Maria Widjaja

    23 July 2018

    Tempat yang menarik untuk dikunjungi saat ke Bandung dan bosa dengan kafe-kafenya. Thank you for sharing, Kak.

  10. Reply

    Maria Widjaja

    23 July 2018

    Tempat yang menarik untuk dikunjungi saat ke Bandung dan bosa dengan kafe-kafenya. Thank you for sharing, Kak Desi.

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      Yups betul sekali kak Bandung memang tak ada habisnya untuk dieksplore

  11. Reply

    Kurnia

    23 July 2018

    cakep euy view bukit bintangnya, pas malam hari pasti bagus juga lihat lampu lampu kerlap kerlip dari atas. untuk angkutan ke sananya baiknya naik apa ya kak?

    • Reply

      Desi Purnamasari

      23 July 2018

      baiknya kamu menyewa kendaraan roda dua saja. Jika beramai-ramai kamu bisa menyewa kendaraan roda dua.
      Jika angkutan umum kamu akan tetap naik ojek untuk menuju ketempat ini

  12. Reply

    Lisa Fransisca

    24 July 2018

    Wah sepertinya menyenangkan bisa ngecamp di Bukit Bintang. Pemandangannya juga kece! Thanks for sharing ceritanya, Kak.

  13. Reply

    Lisa Fransisca

    24 July 2018

    Wah sepertinya menyenangkan bisa ngecamp di Bukit Bintang. Pemandangannya juga kece! Thanks for sharing, Kak.

  14. Reply

    Taumy

    24 July 2018

    Woow. Baru tahu ada bukit bintang di Bandung. Referensi baru lagi ini, apalagi bisa nge camp

  15. Reply

    airin

    24 July 2018

    Aku sekarang tuh di Jogja ada bukit bintang tapi malah belum pernah kesana. Berkat postingan ini perlu kesana banget nih

    • Reply

      Desi Purnamasari

      24 July 2018

      Kalau yg di Jogja hanya tempat makan gitu macam puncak pass
      kebetulan dekat kampung halamanku hehehee

  16. Reply

    Dayu Anggoro

    24 July 2018

    Keren si ini, jadi salah satu referensi kalau ke Bandung nginap.

  17. Reply

    Rama Murtaba

    24 July 2018

    Sayang banget waktu kemarin ke bandung, saya gak cobain tempat yang satu ini. Viewnya bagus banget ya padahal.

  18. Reply

    Achmadi

    24 July 2018

    Baru tau ternyata ada Bukit Bintang juga d Bandung, kapan-kapan pengen nyobain ngayab kesana ah

  19. Reply

    Inez

    25 July 2018

    bagus nih bukit bintang. apalagi berdua sama pasangan liat sunrise.
    ea yg jomblo jgn baper.

  20. Reply

    Yunita Tresnawati

    25 July 2018

    Ini dekat kampusku, UPI Bandung tercintah, tapi zamanku dulu belum tenar seperti sekarang, menurutku sih masih bagusan dulu, view-nya cantik banget. Ahh aku jadi galau bacanya nih Kak, inget sering ke sana sama dia

  21. Reply

    Putri Reno

    25 July 2018

    Wah. Sudah lengkap ya fasilitas di sana. Sudah ada flying fox segala. 2014 lalu saya sempat berpikir klo turun dr bukit bintang seru kali ya melayang aja pakai flying fox eh tapi kurang tau juga ya apakah flying foxnya sesuai dengan bayangan saya.

  22. Reply

    INA

    25 July 2018

    keren banget viewnya asik nih kalo camp sambil ngopi cantik hhehe

  23. Reply

    lenifey

    25 July 2018

    kayaknya seru nih ngecamp disini. kak itu kan ada mushola nya ada toilet ada warung gak kak? mayan jadi bawa diri aja bisa ngecamp dadakan. hihihi.

  24. Reply

    lenifey

    25 July 2018

    kayaknya seru nih ngecamp disini. kak itu kan ada mushola nya ada toilet ada warung gak kak? mayan jadi bawa diri aja bisa ngecamp dadakan di sana. hhaha

  25. Reply

    Diah Sally M

    25 July 2018

    Wah bisa ngecamp ๐Ÿ˜ mantap betul dah, kebetulan agustus mau ke Bandung, mampir ahh hoho

  26. Reply

    Hayati

    25 July 2018

    Sering dengar juga nih tentang Bukit Bintang di Bandung tetapi entah kenapa kalau kesana ga pernah berkunjung. Hmm.. Semoga nanti aku bisa menikmati sunset dan sunrise juga di bukit bintang ini

  27. Reply

    Diah Sally M

    25 July 2018

    Asik banget bisa ngecamp juga. Jadi pengen ngayab kesana juga hoho.

  28. Reply

    Diah Sally M

    25 July 2018

    Asik banget bisa ngecamp juga. Jadi pengen ngayab kesana juga hoho. Thanks for review ๐Ÿ˜‰

  29. Reply

    Kalena Efris

    25 July 2018

    ihhh akuu pengen kesiniiiiii. tapi mau bawa tenda sendiri ajaaa. soalnyaa kok yaaa agak berat untuk ngeluarin sewa tenda 250-400k itu (otak backpacker bangett) hahahaa

  30. Reply

    Ari Widi

    26 July 2018

    sunset dan sunrise selalu indah tiada tara. apalagi poto shiloutte di sana. wah bandung selalu paling di gemari bukan?

  31. Reply

    Henry Irawan

    26 July 2018

    Boleh juga nih jadi destinasi pelepas lelah dan refreshing kalau lagi di bandung.

    Sekali – kali menikmati keindahan Bandung tanpa pergi ke mall atau FO.

  32. Reply

    Evi

    26 July 2018

    Lumayan ya harga sewa tendanya.. Kalau dateng tanpa sewa tenda boleh kah..?

  33. Reply

    Lelyna

    26 July 2018

    Bisa menjadi pilihan utk menikmati akhir pekan

  34. Reply

    Lelyna

    27 July 2018

    tetiba jd pengen cobain ngecamp di bukit bintang, kali aja bisa dapet bintang 5. haha

  35. Reply

    febi

    27 July 2018

    mantap infonya..
    baru tahu ada tempat camping cantik kayak gini di bandung ๐Ÿ™‚

  36. Reply

    Ristiyanto

    2 August 2018

    Mungkin areanya termasuk kategori glamcamp ya, karena semua peralatan camping disediakan oleh pengelola. Pengunjung pun gak perlu repot-repot lagi.

  37. Reply

    Kontengaptek

    5 August 2018

    Pengen banget kesana , tiket masuknya murah pula tuh..

    Pemandangannya indah banget, poto-poto disana sampe puas dah, sambil liat sunrise and sunset..

LEAVE A COMMENT

Ajiza Desi Purnamasari
Indonesia

โ€œSebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusiaโ€ (HR. Ahmad) Insya Allah saya akan membagikan info atau pengalaman saya selama berada di Bumi ini. Jika menginspirasi silahkan ditiru namun jika lebih banyak mudharatnya mohon dibukakan pintu maaf. Salam Doyangayab....